Skip to main content

PENGERTIAN DAN PERBEDAAN PERANGKAT LUNAK, SISTEM PERANGKAT LUNAK DAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK



PENGERTIAN DAN PERBEDAAN PERANGKAT LUNAK, SISTEM PERANGKAT LUNAK DAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK 



1. PERANGKAT LUNAK




      Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan "bahasa pemrograman" yang ditulis oleh seorang pemrogram untuk selanjutnya dikompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware. Perangkat lunak seperti Windows atau Linux bisa disebut sebagai nyawa dari komputer, di mana tanpa diinstal sistem operasi tersebut maka komputer tidak dapat dijalankan. Perangkat lunak sistem operasi biasanya tersimpan di partisi C sehingga saat komputer mengalami masalah, partisi C yang terkena imbas. Perangkat lunak lain juga tersimpan di partisi C yang apabila komponen tidak lagi berjalan maksimal dapat diuninstal dan diinstal ulang. Data-data lain lebih baik disimpan di partisi D sehingga saat software terkena virus atau tidak berjalan normal kembali maka dapat diinstal ulang dan data penting dapat diselamatkan.

  1. 2. SISTEM PERANGKAT LUNAK

     Perangkat lunak sistem adalah suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Ia merupakan bagian esensial dari sistem komputerSistem operasi adalah suatu contoh yang jelas, sedangkan OpenGL atau pustaka basis data adalah contoh lainnya. Perangkat lunak jenis ini dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi, yang merupakan program yang membantu pengguna melakukan tugas spesifik dan produktif, seperti pengolahan kata atau manipulasi gambar.

3. REKAYASA PERANGKAT LUNAK


 Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
   IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.
  Rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
Kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:

    1. 1. dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability).
      2. dapat mengikuti perkembangan teknologi(dependability).
      3. dapat mengikuti keinginan pengguna(robust).
      4. efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya.
      5. dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan(usability).

    1. HUBUNGAN ANTARA KETIGANYA



  •   Perangkat lunak, Sistem Perangkat Lunak, dan Rekayasa Perangkat Lunak memiliki kaitan atau hubungan. Karena perangkat lunak tidak akan berjalan tanpa adanya suatu sistem yang menjalankannya. Dan melalui rekayasa perangkat lunak lah untuk mempelajarinya.



  • source : id.wikipedia.org
  • Comments

    Popular posts from this blog

    Pengertian Activity Diagram dan Contohnya

    PENGERTIAN ACTIVITY DIAGRAM DAN CONTOHNYA           Activity Diagram  merupakan  alur kerja   ( workflow ) atau kegiatan (aktivitas) dari sebuah sistem atau  menu yang ada pada perangkat lunak.  Activity Diagram  juga digunakan  untuk mendefinisikan urutan atau pengelompokan tampilan dari sistem / user interface  dimana setiap aktivitas dianggap memiliki sebuah rancangan antar muka tampilan serta  rancang menu yang ditampilkan pada perangakat lunak. Berikut ini adalah simbol–simbol yang ada pada diagram aktivitas. Simbol Deskripsi Status awal  Status awal aktivitas sistem, sebuah diagram aktivitas memiliki sebuah status awal. Aktivitas Aktivitas yang dilakukan sistem, aktivitas biasanya diawali dengan kata kerja. Percabangan/ decision Asosiasi percabangan dimana jika ada pilihan aktivitas lebih dari satu. Penggabungan/ join Asosiasi pengga...

    Tugas 2 TIK

    SORE    1. Jelaskan yang dimaksud homepage area! Jawab : halaman utama, halaman pembuka, halaman pertama dari suatu web. Dan juga halaman yang paling terpenting pada suatu website karena merupakan halaman utama dan halaman yang index terlebih dahulu oleh search engine sebelum halaman-halaman lain pada suatu website.    2. Sebutkan jenis-jenis search engine yang banyak digunakan! Jawab : a. mesin pencari Google(http://www.google.com). b. mesin pencari Altabista(http://www.altavista.com). c. mesin pencari Excite(http://www.excite.com). d. mesinpencari Yahoo(http://www.yahoo.com). e. mesin pencari FinQoo(http://www.finqoo.com).    3. Apa kegunaan scrolling bar! Jawab : Digunakan untuk melihat bagian-bagian web, dokumen, dan lain sebagainya yang belum terlihat, baik itu arah Vertikal maupun arah Horizontal.    4. Salah satu unsur URL adalah domain. Jelaskan istilah domain itu! Jawab : Domain merupakan definisi dari ...

    Penjelasan UML

           Pengertian UML        Unified Modeling Language  ( UML ) adalah bahasa spesifikasi standar untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan, dan membangun sistem perangkat lunak.         Unified Modeling Language (UML) adalah himpunan  struktur  dan  teknik  untuk pemodelan  desain  program berorientasi objek ( OOP ) serta  aplikasinya . [1]  UML adalah  metodologi  untuk mengembangkan  sistem OOP dan sekelompok perangkat  tool  untuk mendukung pengembangan sistem tersebut. [1]  UML mulai diperkenalkan oleh  Object Management Group , sebuah  organisasi yang telah mengembangkan  model ,  teknologi , dan standar OOP sejak tahun  1980 -an. [1] Sekarang UML sudah mulai banyak digunakan oleh para praktisi OOP. [1]  UML merupakan dasar bagi perangkat ( tool ) desain berorientasi objek dari  IBM . [1]     ...